Senin, 29 Juni 2009

Setiap Orang bisa Berubah

Perubahan. Sesuatu yang bisa dinilai buruk, tapi juga bisa bernilai baik tergantung ke mana arah perubahan itu. Seseorang berhak untuk berubah, berubah menjadi lebih baik ataupun menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Itu pilihan untuk setiap orang. Tapi ingat bahwa perubahan itu pasti mengundang berbagai dampak yang harus dipertanggung jawabkan.
Aku takjub ketika melihat perubahan seseoranh yang--Subhanallah-- sangat drastis. Beliau baru beberapa bulan saja mulai menutup auratnya dengan sempurna. Tapi pengetahuannya tentang agama sudah mendalam, bahkan kemarin Beliau baru saja memberiku pengetahuan baru tentang sesuatu yang sama sekali tidak aku duga bisa keluar darinya dengan begitu bijaknya. Subhanallah, memang Alloh akan memberikan hidayah pada ispa saja yang Dia kehendaki.
Sebaliknya, aku sangat sedih ketika melihat perubahan yang terjadi pada sahabatku yang sudah lama aku kenal. Dia berubah menjadi seorang yang pesimistis, bahkan nyaris tak punya semangat hidup di dunia. Sudah berkali-kali aku mengingatkannya, tetapi tidak ada perubahan yang berarti darinya. Memang aku tidak bisa memaksanya untuk berubah, karena perubahan itu ditentukan oleh hatinya.
Kadang aku tak mengerti apa yang ada di pikirannya. Dia punya begitu banyak teman. Hidupnya cukup berkecukupan. Punya orang tua yang masih lengkap, seorang kakak, dan banyak sahabat. tapi kenapa dia selalu merasa sendiri??
Mungkin kadang kita pernah merasa seperti itu. dan pertanyaan yang tepat untuk kita renungkan adalah "apakah perubahan yang saya alami itu sudah berada di jalurnya?" tentu jalur yang dimaksud di sini adalah JalurNya.
Setiap orang bisa berubah, dan harus bertanggung jawab atas perubahannya itu.
Semoga kita berubah menjadi lebih baik lagi. amin..

Tidak ada komentar: